Studi Kasus Audit Sistem Informasi

Bank Mandiri Error, Saldo Nasabah Berubah Drastis

evn, CNN Indonesia | Sabtu, 20/07/2019 08:49 WIB


 

Jakarta, CNN Indonesia -- Nasabah Bank Mandiri pada Sabtu (20/7) pagi mengaku kebingungan lantaran saldo di rekening mereka mendadak berubah drastis. Nasabah mengaku mendapati saldo tabungannya bermasalah, mulai dari berkurang hingga bertambah drastis.

Melalui lini masa Twitter, sebagian nasabah mengaku kebingungan lantaran saldo di rekeningnya berkurang. Sementara nasabah lain mengaku saldo di rekeningnya bertambah dalam jumlah fantastis.

Gaes, @bankmandiri lagi error. Rekening gw tiba2 bertambah Rp95 juta. 😲
Semoga masalah ini segera beres. pic.twitter.com/uT2XYRSBEx

— Ismail Al Anshori (@thedufresne) July 20, 2019

Mandiri sedang error ya, saldoku tiba2 hilang. Saldo suami bertambah, tapi ndak bisa tarik tunai. Ada apa yaa

— Eka Mustikasari (@ekakunjeri) July 20, 2019

Bank mandiri bagaimana ini saldo saya habis 600 ribu dan jadi berkurang tentunya padahal tidak ada transaksi transfer atau penarikan

— Agung sampurna (@agung_sampurna1) July 20, 2019

Aulia, nasabah Bank Mandiri juga mengaku saldo tabungan bertambah hingga Rp200 ribu pada Sabtu (20/7). Padahal sehari sebelumnya, Aulia mengatakan ia baru menarik tunai uang sebesar nominal yang sama.
"Pas cek nominal saldo di aplikasi Mandiri mobile kok beda sama yang dicetak kemarin. Seakan-akan engga ambil uang," ucapnya kepada CNNIndonesia.com.

 

Melalui akun Twitter resmi, Bank Mandiiri belum mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan investigasi dan normalisasi data. Belum diketahui penyebab di balik masalah ini.

Sumber Berita: https://tinyurl.com/yyq3y5uj

 

Analisa Kasus

Dari kutipan berita diatas dan klarifikasi dari pihak Bank Mandiri yang tercantum pada berita https://tinyurl.com/y4mzv83v, dapat ditarik beberapa kesimpulan antara lain:

  • Pihak Bank Mandiri mengandalkan sistem yang berjalan secara otomatis dalam melakukan proses back-up data, tanpa pengawasan secara langsung oleh pihak terkait untuk pengecekan apakah data yang di back-up telah berhasil secara sempurna atau tidak,
  • Kejadian tersebut membuat data saldo nasabah Mandiri menjadi tidak valid, beberapa nasabah mengalami kenaikan saldo secara ekstrim, dan disisi nasabah lain mengalami penurunan saldo secara tiba-tiba.
  • Kejadian tersebut mendampak 10% dari keseluruhan data saldo nasabah Mandiri, sehingga mengakibatkan kerugian secara materiil dan non-materiil.
  • Pihak Bank Mandiri berhasil mengembalikan saldo dari back-up data sebelumnya terhadap seluruh nasabah Mandiri selama 1 x 24 Jam.

 

Dari kejadian ini, kegiatan Audit harus dijalankan untuk meminimalisir kerugian serta pengecekan secara berkala terhadap seluruh data nasabah untuk memastikan bahwa tidak ada satupun data yang berubah tanpa sepengetahuan system_log ataupun histori transaksi tiap-tiap nasabah yang masuk kedalam 10% data nasabah yang mengalami kejadian tidak terduga seperti yang telah disebutkan pada berita diatas.

 

Pada masalah ini, audit dapat dilaksanakan oleh pihak internal Bank Mandiri sebagai penanggungjawab untuk pengecekan kesesuaian data yang telah di backup dan juga dapat dihadiri oleh pihak eksternal seperti pihak Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia dan segala macamnya untuk melihat kendala yang terjadi, kemudian berkolaborasi untuk meminimalisir kejadian yang mungkin akan terjadi, baik itu kejadian berulang ataupun yang lainnya.

 

Referensi

About Author

Photo Profile
Arbha Pradana arbhapr@gmail.com